Persaingan bisnis yang didorong oleh meningkatnya kebutuhan konsumen terhadap hadirnya produk – produk berkualitas dan layanan prima di tengah perubahan lingkungan yang cepat, mengharuskan para pelaku bisnis mengidentifikasi, merancang, dan menerapkan berbagai strategi untuk memenangkan persaingan. Demikian pula yang dihadapi oleh lembaga pemerintah dan publik, terutama karena meningkatnya kesadaran politik masyarakat di negeri ini. Masyarakat kian menuntut peningkatan layanan publik yang prima terhadap lembaga pemerintah dan penyedia jasa publik lainnya. Situasi ini memunculkan kebutuhan terhadap riset kebijakan strategis dan pemasaran bagi perusahaan hingga riset kebijakan publik bagi lembaga publik dan pemerintah, mulai dari perumusan strategi induk hingga rencana aksi.
Untuk mendapatkan pilihan strategi yang tepat perlu dukungan data dan informasi yang akurat. SEM Institute sebagai lembaga riset kebijakan strategis dan pemasaran terpercaya karena ditunjang dengan pengalaman dan jaringan yang luas di Indonesia serta dukungan tenaga ahli dan interviewer yang profesional, menyediakan layanan riset strategis dan pemasaran. Konsistensi SEM Institute sebagai Best Partner for Strategic and Marketing Solution menjadi jaminan atas kualitas layanan yang diberikan. Lingkup layanan SEM Institute meliputi perumusan masalah, desain pemecahan, interpretasi hasil riset, dan rekomendasi kebijakan/strategi.
Studi Kebijakan Pembangunan Daerah
Terdiri dari studi potensi daerah dan studi kebijakan pembangunan. Studi potensi daerah dilakukan secara mendalam terhadap potensi–potensi yang dimiliki suatu daerah. Potensi daerah akan dilihat berdasarkan karakteristik yang ada, meliputi karakteristik internal (SDM, sumberdaya organisasi, dan fisik (letak kekayaan alam, kondisi SDA yang ada, dsb.)) yang kemudian dipadukan dengan situasi dan kondisi daerah dan makro (peluang yang ada dan tantangan yang dihadapi). Berdasarkan studi ini akan dihasilkan rekomendasi potensi yang dapat dimanfaatkan sebagai core competence (kompetensi inti) berikut strategi untuk mempercepat laju pembangunan daerah. Studi kebijakan pembangunan dikemas untuk melakukan penilaian terhadap kebijakan pembangunan eksisting yang dilanjutkan dengan perancangan/ perumusan kebijakan, strategi, hingga program aksi yang berbasis pada kompetensi inti daerah tersebut, kecenderungan kebutuhan masyarakat, serta peraturan perundangan.
Survei Kinerja
Program ini ditujukan untuk mengukur kinerja keseluruhan dari suatu perusahaan berdasarkan persepsi stakeholder. Melalui survei kinerja, akan didapatkan kinerja eksisting perusahaan berikut rekomendasi/saran terkait bagi perbaikan dan peningkatan kinerja secara berkelanjutan.
Survei Bisnis Model dan Pemasaran
Perkembangan dunia bisnis yang sudah sangat maju dan pesat, mengharuskan pelaku bisnis melakukan analisis yang tepat dalam menjalankan bisnisnya. Layanan ini ditujukan untuk membantu mengukur dan menilai tingkat kelayakan serta memilih business model yang tepat untuk diterapkan pada bisnis yang akan dijalankan atau dikembangkan dan ditujukan untuk menghasilkan rekomendasi strategi pemasaran yang akan diterapkan oleh perusahaan. Lingkup survei yang ditawarkan adalah brand equity measurement dan segmentation research. Layanan ini terdiri dari customer satisfaction surveys ,ad-test, dan mistery shopping.
Mengukur tingkat kepuasan konsumen/pelanggan terhadap mutu layanan dan karakteristik suatu produk.
Mengukur efektivitas, persepsi, dan biasanya fokus pada aspek kompetitif (efektivitas dari iklan yang dibandingkan dengan iklan pesaing).
Retail audit yang dilakukan untuk mengetahui kinerja, efektivitas, ketersediaan produk di pasar, tipe outlet, volume penjualan, harga produk, dan permintaan konsumen.