Survei Perilaku Konsumen

Perusahaan perlu memahami perilaku konsumen untuk mengembangkan strategi permintaan terhadap sebuah produk. Perusahaan berusaha menarik konsumen atau memotivasi mereka untuk melakukan pembelian terhadap sebuah produk.
Pemahaman mengenai perilaku konsumen merupakan suatu hal yang penting dalam pemasaran. Pemasar perlu mengidentifikasi karakteristik konsumen untuk menjabarkan lebih jelas tentang segmen pasar sasaran secara lebih terfokus dan terarah. Dengan memahami siapa target pasar, seorang pemasar dapat mengimplementasikan strategi pemasaran yang sesuai dengan karakteristik konsumennya sehingga efektivitas dari strategi dapat ditingkatkan.
Bagi perusahaan, memahami perilaku konsumen merupakan landasan yang sangat penting guna menyusun strategi pemasaran dan operasionalisasi cara penjualan, mengelompokkan konsumen berdasarkan gender, berdasarkan usia, berdasarkan tingkat pendidikan, berdasarkan jenis pekerjaan, dsb.
Perusahaan memahami perilaku konsumen sebagai dasar mendesain strategi pemasaran yang tepat. Esensi strategi pemasaran perusahaan harus memberikan nilai yang superior kepada pelanggan, melakukan inisiatif terbaik dan bereaksi terhadap kebutuhan dan keinginan pelanggan.
Tahapan yang umumnya dilakukan perusahaan dalam menganalisis konsumen sebagai dasar menyusun strategi pemasaran diantaranya melalui analisis lingkungan internal dan eksternal; identifikasi kelompok pelanggan dan seleksi terhadap segmen pasar yang akan menjadi sasaran; menyusun strategi pemasaran yang cocok untuk target pasar (meliputi strategi produk, harga, promosi, distribusi, dan layanan); reaksi dari pasar sasaran terhadap produk yang dihasilkan; serta implikasi bagi individu, perusahaan, dan masyarakat.

Artikel dan Informasi Lainnya

  • All Post
  • Artikel
  • Exsum
Survei Kinerja/Kepuasan Masyarakat

November 20, 2023

Dalam memenuhi tuntutan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan publik yang paripurna, menjadi suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik

Manajemen Usaha

Juni 12, 2023

Secara umum manajemen usaha/proses produksi adalah aktivitas pengelolaan fungsi-fungsi usaha yang mencakup pengelolaan proses/sarana usaha, pengelolaan kapasitas usaha, pengelolaan sediaan,…

Operational Office:
KPP IPB Baranangsiang IV Blok A/35 Tanah Baru, Bogor Utara, Kota Bogor 16154

Marketing Office:
EightyEight@Kasablanka Tower A, 10E Floor
Jl. Raya Casablanka Kav 88, Jakarta 12870